Kamis, 13 Januari 2011

MANAJEMEN KEUANGAN (FAKTOR-FAKTOR PENENTU BESARNYA KAS)

Abstraksi

Kas memiliki karakteristik yang tidak dimiliki aktiva lancar lainnya, yaitu kas tidak mudah diidentifikasi pemiliknya, dapat diuangkan segera, mudah dibawa-bawa serta mudah untuk ditransfer dalam kurun waktu yang relatif cepat. Mengingat karakteristiknya, kas merupakan aktiva yang paling mudah disalahgunakan. Oleh karenanya bagian penerimaan dan pengeluaran kas di dalam suatu perusahaan harus dapat berfungsi dengan sebaik-baiknya untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan dan penyelewengan terhadap kas.
Manajemen mempunyai tanggung jawab paling utama dalam menjaga keamanan harta milik perusahaan serta menemukan dan mencegah terjadinya kesalahan dan penyelewengan ataupun pemborosan pada saat perusahaan beroperasi adalah manajemen. Manajemen terhadap kas juga bertanggungjawab terhadap pembuatan perencanaan, melakukan prosedur atau otorisasi serta menetapkan dan mengawasi suatu kegiatan melalui pengendalian internal.

Keywords: Cash flow, Current Ratio, Cash budged, Opportunity cost.

Pendahuluan

Setiap perusahaan dalam menjalankan usahanya selalu membutuhkan uang tunai atau kas. Kas dapat diartikan sebagai nilai uang kontan yang dalam perusahaan beserta pos-pos lain yang dalam jangka waktu dekat dapat diuangkan sebagai alat pembayaran kebutuhan finansial, yang mempunyai sifat paling tinggi likuiditasnya. Kas diperlukan baik untuk membiayai operasi perusahaan sehari-hari seperti pembelian bahan baku, pembayaran upah, pembayaran hutang, atau pembayaran-pembayaran tunai lainnya, serta dibutuhkan untuk investasi pada aktiva tetap.
Pengeluaran kas ada yang bersifat kontinyu seperti untuk pengelaran-pengeluaran rutin dan ada pula yang bersifat intermitten, seperti untuk pembayaran deviden, pembayaran pajak, pembelian aktiva tetap. Pengeluaran kas untuk pembayaran-pembayaran tersebut sering disebut sebagai aliran kas keluar atau cash outflow, sedangkan penerimaan-penerimaan kas disebut sebagai penerimaan kas masuk atau cash inflow. Aliran kas masuk bisa diperoleh dari beberapa sumber antara lain dari hasil penjualan tunai, penerimaan piutang, dan penerimaan-penerimaan lainnya.
Kas bagi perusahaan bisa diumpamakan seperti darah dalam tubuh manusia. Setiap bagian yang ada dalam perusahaan membutuhkan aliran kas. Tanpa adanya kas maka kegiatan produksi akan terganggu. Akibatnya akan mengganggu bagian lain yang terkait, oleh karena itu kas bisa diibaratkan seperti darah dalam tubuh manusia, sehingga bila ada bagian yang tidak dialiri oleh darah, maka bagian tersebut akan mengalami gangguan kesehatan.
Sebagaimana diungkapkan oleh teori ekonomi dari John Maynard Keynes dengan teori liquidity preference, masyarakat cenderung untuk menguasai uang berbentuk tunai dengan tiga motif di belakang  pemikirannya yaitu motif transaksi, motif berjaga-jaga dan motif spekulasi. Motif transaksi atau transaction motive berarti seoarang atau perusahaan memegang uang tunai untuk keperluan realisasi dari berbagai transaksi bisnisnya, baik transaksi yang rutin maupun transaksi yang tidak rutin.
Motif berjaga-jaga atau precautionary motive berarti seseorang atau perusahaan memegang uang tunai yang dimaksudkan untuk mengantisipasi adanya kebutuhan-kebutuhan yang bersifat mendadak. Pada perusahaan motif berjaga-jaga ini bisa dilihat dari saldo kas minimum yang ditetapkan. Besarnya saldo kas minimum yang ditentukan sebagai indikator penyimpangan aliran kas yang dianggarkan. Penerimaan dan pengeluaran di perusahaan biasanya diprediksikan melalui anggaran kas atau cash budged. Apabila antara penerimaan dan pengeluaran bisa diprediksi dengan cepat, maka kebutuhan kas minimum kecil, tetapi penerimaan dan pengeluaran kas tidak bisa diprediksi dengan akurat, maka membutuhkan saldo kas minimum yang besar karena kemungkinan kebutuhan kas mendadak sangat besar.
Motif spekulasi atau speculative motive adalah motivasi seorang atau perusahaan memegang uang dalam bentuk tunai karena adanyakeinginan memperoleh keuntungan yang besar dari suatu kesempatan investasi, biasanya investasi yang bersifat likuid. Misalnya pada saat kondisi ekonomi yang kurang bak di mana harga surat berharga seperti saham mengalami penurunan yang drastis, maka perusahaan bisa menggunakan uangnya untuk  membeli sekuritas tersebutdengan harapan pada saat kondisi ekonomi membaik sekuritas tersebut harganyajuga akan ikut naik.

Aliran Kas (Cash flow)
Cash flow (aliran kas) merupakan “sejumlah uang kas yang keluar dan yang masuk sebagai akibat dari aktivitas perusahaan dengan kata lain adalah aliran kas yang terdiri dari aliran masuk dalam perusahaan dan aliran kas keluar perusahaan serta berapa saldonya setiap periode. Hal utama yang perlu selalu diperhatikan yang mendasari dalam mengatur arus kas adalah memahami dengan jelas fungsi dana atau uang yang kita miliki, kita simpan atau investasikan. Proses aliran kas yang terjadi di perusahaan adalah terus-menerus sepanjang hidup perusahaan yang bersangktan terdiri dari aliran kas masuk (cash inflow) dan aliran kas keluar (cash outflow).
Faktor-faktor yang mempengaruhi besar kecilnya kas yaitu :
1. Perimbangan antara cash inflow dan cash outflow
2. Penyimpangan terhadap aliran kas yang diperkirakan
3. Adanya hubungan financial yang baik dengan bank-bank
4. Penganggaran kas.

Aliran kas masuk terdiri dari:
a.       Hasil penjualan produk atau jasa perusahaansecara tunai.
b.      Penagihan piutang dari penjualan kredit.
c.       Penjualan aktiva tetap yang tetap ada.
d.      Penanaman investasi dari pemilik atau pemilik saham bila perseroan terbatas.
e.       Pinjaman atau utang dari pihak lain.
f.       Penerimaan sewa dan pendapatan lain-lain.
Dari sejumlah aliran kas masuk tersebut mempunyai sifat terus-menerus sepanjang waktu dan aliran kad pada saat-saat tertentu saja (isidental).
Faktor yang mempengaruhi penerimaan kas:
a.       Budged penjualan.
b.      Keadaan dan posisis pesaing.
c.       Syarat pembayaran tunai maupun kredit.
d.      Kebijaksanaan dalam penagihan piutang.
e.       Budged perubahan aktiva tetap.
f.       Rencana penerimaan non-operating.
g.      Kebijaksanaan penjualan surat-surat berharga.
Sedangkan aliran kas keluar terdiri dari:
a.       Pengeluuaran biaya bahan baku, tenaga kerja langsung dan biaya pabrik-pabrik lain (overhead).
b.      Pengeluaran biaya administrasi umum dan administrasi penjualan.
c.       Untk pembelian aktiva tetap.
d.      Pembayaran kembali hutang-hutang perusahaan.
e.       Pembayaran kembali investasi dari pemilik perusahaan.
f.       Pembayaran sewa, pajak, bunga dan pengeluaran lain-lain.
Sifat dari aliran kas keluar ini juga terus-menerus dan ada pula yang hanya saat-saat tertentu atau isidentil.
Faktor-faktor yang mempengaruhi alirankas:
a.       Budget biaya bahan baku.
b.      Budget biaya tenaga kerja langsung.
c.       Budget biaya pabrik lain-lain (overhead)
d.      Budget biaya administrasi umum dan administrasi penjualan.
e.       Budget penambahan aktiva tetap.
f.       Budget pengeluaran nonoperating.
Tujuan dari laporan aliran kas adalah melaporkan aliran kas masuk dan aliran kas keluar perusahaan selama periode tertentu, dipisahkan dalam tiga kategori yaitu operasi, investasi dan pembelanjaan. Apabila digunakan dengan informasi berisi dua laporan finansial dasar lainnya dan hubungan pengungkapan, akan membantu pemakai untuk menaksir dan mengidentifikasikan kemampuan perusahaan untuk menghasilkan aliran kas masuk bersih untuk membayar utang, kebutuhan pembelanjaan, alasan tentang perbedaan antara laba bersih dan aliran kas bersih dari operasi perusahaan, pengaruh transaksi kas dan non-kas untuk investasi dan pembelanjaan.

Anggaran Kas
            Perusahaan harus bisa menyediakan kas yang cukup agar perusahaan bisa berproduksi dengan baik. Agar supaya kas bisadisediakan dengan baik tepat pada saat yang dibutuhkan, maka perlu perencanaan kas yang berisi proyeksi penerimaan dan pengeluaran kas. Proyeksi posisi kas yang berupa penerimaan dan pengeluaran kas pada saat tertentu dimasa yang akan datang disebut sebagai anggaran kas atau cash budget. Anggaran kas ini sangat penting bagi perusahaan untuk menjaga likuiditas perusahaan, karena dengan menyusun anggaran kas dapat diprediksi kapan perusahaan mengalami defisit dan kapan perusahaan mengalami surplus kas. Pada periode yang mengalami defisit kas bisa segera disiapkan sumber dananya jauh-jauh hari, dan apabila mengalamia surplus kas bisa direncanakan untuk diinvestasikan pada instrumen investasi sesuai dengan likuiditasnya.
            Anggaran kas biasanya disusun untuk periode bulanan dan pada dasarnya dapat dibedakan ke dalam dua bagian yaitu:
1.      Estimasi penerimaan-penerimaan kas, yaitu proyeksi penerimaan pada periode tertentu baik yang berasal dari penerimaan dari penjualan tunai, penerimaan piutang, penerimaan bunga, hasil penjualan aktiva tetap maupun penerimaan-penerimaan lainnya.
2.      Estimasi pengeluaran kas, yakni berupa proyeksi pengeluaran-pengeluaran yang dilakukan perusahaan, seperti pembelian bahan baku, pembayaran upah dan gaj, pengeluaran tunai untuk biaya pemasaran, biaya administrasi, pembayaran bonus, pembayaran hutang, pembayaran pajak dan pembayaran lainnya yag bersifat tunai.
Setelah mengadakan estimasi pada masing-masing periode, langkah selanjutnya membandingkan hasil estimasi penerimaan dengan estimasi pengeluaran kas. Apabila hasil pembandingan tersebut penerimaan kas lebih besar dibandingkan pengeluaran kas, artinya periode tersebut mengalami surplus, sedangkan bila penerimaan kasnya lebih kecil dibandingkan dengan pengeluaran kas, maka pada periode tersebut mengalami defisit. Setelah diketahui surplus dan defisit untuk masing-masing periode, maka kemudian dicari beberapa kebutuhan dana untuk menutup kondisi defisit tersebut dengan mempertimbangkan saldo kas minimum dan tingkat bunga sumber dana yang akan digunakan.

Perencanaan Kas
            Yang dimaksud sebagai perencanaan kas atau budget kas yaitu perkiraan terhadap posisi kas pada suatu saat tertentu dalam suatu periode tertentu yang akan datang.
Tujuan perencanaan kas:
a.       Untuk mengetahui kemungkinan posisi kas sebagai hasil rencana operasi perusahaannya.
b.      Untuk mengetaui kemungkinan adanya saldo kas atau kekurangan kas dari rencana operasi dan nonoperasional.
c.       Untuk mengetahui besarnya kebutuhan dana beserta saat-saat kapan dana itu dibutuhkan untuk menutup defisit kas.
d.      Untuk mengetahui saat-saat dana itu diinvestasikan pada kegiatan lain bila ternyata terjadi saldo kas yang relativ tinggi.
e.       Sebagai penentuan saat-saat kredit harus dibayar kembali.
f.       Sebagai dasar permintaan kredit kepada lembaga-lembaga keuangan.
g.      Sebagai dasar dalam pengendalian atau pengawasan posisi kas yang sedang berjalan.
Saldo kas yang juga merupakan persediaan kas apabila jumlahnya terlalu besar berakibat banyak uang yang menganggur sehingga akan timbl risiko-risiko dan memperkecil keuntungan pada perusahaan, tetapi sebaliknya bila terlalu kecil maka kondisi perusahaan dalam keadaan likuid bila sewaktu-wakru terjadipenagihan dari utang-utangnya tidak dapat membayar. Jumlah persediaan kas yang sebelumnya harus dipertahankan, rasio standar yang bersifat umum belum ada rumusnya tetapi HG. Guthman menuliskan bahwa jumlah kas yang sebaiknya dipertahankan perusahaan yang dalam posisi keuangan yang baik hedaknya tidak kurang dari 5% sampai 10% dari jumlah aktiva lancar.

Pengendalian Kas
            Menahan uang sebenarnya menanggung suatu biaya (cost). Dengan konsep opportunity cost maka biaya menahan uang tunai adalah berupa laba yang sebenarnya dapat diperoleh apabila dana tersebut digunakan untuk penggunaan invesatsi. Biaya tersebut mungkin dapat sebagian ditutup dari hasil penanaman dalam bentuk surat-surat berharga atau bunga simpanan rekening Koran di bank, akan tetapi jumlah tersebut adalah sangat kecil, kecuali apabila ada alasan-alasan khusus, maka menahan uang tunai yang berlebihan menunjukkan tidak adanya menajemen keuangan yang baik. Sebaliknya begitu pula bila terjadi kekurangan saldo uang kas yang mencolok. Pengendalian uang tunai dan setengah tunai didasarkan pada ramalan jangka pendek atas kebutuhan uang tunai.

Model Manajemen Kas
            Teori pengelolahan saldo kas, disajikan tiga model yang dikembangkan oleh William J. boumol, Merto H. miller dan Daniel Orr, serta William baranek. Dalam model-model tersebut akan ditentukan besarnya saldo kas yang optimum dan selalu mengkaitkan antara kas dan surat berharga, yakni dengan mengadakan trade-off antara tingkat bunga yang hilang karena menyimpan uang dengan biaya transaksi. Apabila perusahaan mempunyai kas terlalu banyak harus segera dibelikan surat berharga dan tentu harus mengeluarkan biaya untuk transaksi, sedangkan bila saldo kas mendekati nol harus segera menjual surat berharganya menjadi kas, sehingga akn kehilangan kesempatan untuk mendapatkan bunga (opportunity cost.
Tentang manajemen saldo kas yang disusun oleh W. J Boumol sesuai dengan model EOQ khusus untuk permasalahan manajemen kas. Boumol mengakui ada kesamaan antara persediaan dan kas bila dilihat dari aspek keuangan. Dalam manajemen persediaan ada biaya pesan yang dibayarkan setiap melakukan pemesanan dan biaya simpan untuk menyimpan bahan yang dibeli. Dalam manajemen kas biaya pesan berupa biaya komisi pedagang efek yang dikeluarkan untuk merubah sekuritas menjadi uang kas. Biaya simpan berupa hasil bunga yang hilang karena perusahaan menyimpan uang tunai yang besar, oleh karena itu perlu ditentukan beberapa surat berharga yang harus dijadikan uang tunai pada setiap saldo kas mendekati nol. Karena Boumol menganggap manajemen kas seperti manajemen persediaan, maka untuk mencari berapa jumlah kas yang optimal pada setiap mengubah sekuritas menjadi kas adalah:
                        C = Ö 2 OD                                                                                                                                                      i
Di mana:
O = Biaya transaksi
D = Kebutuhan kas setahun
I = bunga sekuritas
            Miller dan Orr mengembangkan model Boumol pada tahun 1966 dengan memasukkan proses stochastik atas perubahan-perubahan saldo kas yang terjadi secara periodic.arus kas berfluktuatif dan perubahan saldo kas selama periode tertentu tidak menentu besar atau arahnya, perubahan tersebut mempunyai distribusi normal bila perubahannya terlalu banyak. Dalam model ini mengandung ketentuan bahwa perubahan yang terjadi pada suatu waktu tertentu memempunyai profitabilitas yang lebih besar untuk bersifat positif maupun negatif.
Model ini pada dasarnya menentukan batas atas dan batas bawah saldo kas, serta menentukan saldo kas yang optimal yang perlu dimiliki oleh perusahaan.Apabila saldo kas mengalami penurunan hingga mencapai nol, maka perusahaan harus segera mengubah sekuritasnnya menjadi kas senilai saldo kas optimal. Demikian pula bila saldo kas yang dimiliki oleh perusahaan semakin membesar, maka pada batas atas kas harus diubah menjadi sekuritas. Untuk menentukan besarnya saldo kas optimal, maka dapat diketahui dengan menggunakan rumus sebagai berikut:
                        Z =    3 b α2      1                                                                                                                                              4i         3
Di mana:
b   = Biaya tetap untuk melakukan transaksi
α2 = Variasi arus kas masuk bersih harian (penyebaran arus kas)
i    = Bunga harian untuk investasi pada sekuritas
            Baranek (1963) dalam bukunya yang berjudul Analysis For Financial Decesions, membahas mengenai penetapan alokasi yang optimal dari dana yang ada, dari yang berupa kas dan yang berupa surat berharga. Dalam model Baranek variabel keputusan adalah alokasi dana untuk kas dan investasi surat berharga pada awal periode, sedangkan penarikan dari surat berharga menjadi kas dianggap hanya terjadi pada awal periode. Dalam hal pengeluaran kas dianggap terjadi sekali-kali dan dapat dikendalikan secara langsung oleh manajemen, sedangkan pemasukan kas dianggap sulit dikendalikan dan terjadi terus-menerus.
            Pengeluaran kas yang diakibatkan adanya kebiasaan atau peraturan tertentu akan terjadi pada interval waktu yang teratur. Pembayaran gaji dan upah dilakukan tiap minggu atau bulanan, pembayaran bahan baku dan mengikuti waktu tertentu dari leveransir dan sebagainya, sehingga dapat direncanakan mengenai kebutuhan kas untuk periode yang akan datang dan diperhitungkan juga kas yang dapat ditanamkan dalam investasi Karena tidak dipergunakan untuk pengeluaran kas.
Tujuan memaksimumkan hasil keuntungan dari investasi yang berupa suratberharga ternyata dibatasi oleh biaya transaksi dan oleh risiko kehabisan uang pada saat dana dibutuhkan untuk menutupi pengeluaran, tetapi akan lebih realistis apabila biaya kehabisan kas dilihat sebagai biaya meminjam pada plafon kredit, karena perusahaan akan memiliki untuk meminjam utang jangka pendek, daripada kehilangan potongan kas atau turunya kepercayan kreditur. Dengan diketahui distribusi probabilitas tertentu untuk arus kas bersih, biaya kehabisan kas dan biaya kesempatan untuk menahan kas, dikembangkan suatu fungsi biaya kemudian mendeferensasikan untuk mencari jumlah saldo kas yang optimal.




















Daftar Pustaka

http://www.stiepas.blogspot.com/ . Diunduh pada 14 mei 2009.

http://id-jurnal.blogspot.com/2008/04/analisis-faktor-faktor-yang_4220.html. Diunduh pada 17 
            mei 2009.

Sutrisno. 2001.Manajemen Keuangan. Edisi Pertama. Yogyakarta: EKONESIA.

Sabardi, Agus. 1995. Manajemen Keuangan. Edisi Kedua. Yogyakarta: AMP YKPN.

Sundjaja, Ridwan S. inge Barlian. 2003. Manajemen Keuangan Dua. Edisi Keempat. Jakarta:
            Literata Lintas Media.

Gitosudarmo, Indriyo. Basri. 2000. Manajemen Keungan. Edisi Keempat. Yogyakarta: BPFE.

Gitosudarmo, Indriyo. Basri. 1998. Manajemen Keungan. Edisi Ketiga. Yogyakarta: BPFE.


8 komentar:

  1. Selamat siang.

    Aku tidak bisa menyembunyikan kesaksian besar yang terjadi dalam hidup saya, saya akan senang semua orang tahu itu dan mendapat bagian itulah mengapa saya selalu menempatkannya pada jawaban, saya Mrs, Shonda Tasono dengan nama, saya tinggal di Texas, Amerika Negara Amerika, saya ingin berterima kasih (Mr.Smith Alexanda) untuk kebaikannya pada kehidupan keluarga saya. Aku tidak pernah tahu bahwa masih ada pemberi pinjaman bagus seperti ini di internet dan bumi di sini. Hanya beberapa Bulan Kembali, saya dalam mencari pinjaman sebesar $ 100,000,00 seperti saya kehabisan uang untuk makan dan sewa. Saya scammed $ 700 Dolar dan saya memutuskan untuk tidak melibatkan diri saya dalam bisnis seperti lagi tapi Teman saya memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman karena penampilan dan perbuatan saya. Dan saya mengatakan kepadanya bahwa saya tidak tertarik dari kesepakatan pinjaman lagi tapi dia mengatakan kepada saya bahwa masih ada pemberi pinjaman baik yang ia akan merekomendasikan saya untuk, dan saya membuat sidang dan saya sangat berterima kasih beruntung aku hari ini, aku diberi jumlah pinjaman sebesar $ 100,000.00usd, oleh Perusahaan besar ini (Smith Alexanda pinjaman Perusahaan) yang dikelola oleh (Mr.Smith Alexanda) Jika Anda membutuhkan pinjaman asli atau legit atau bantuan keuangan dan Anda dapat diandalkan dan dipercaya mampu membayar kembali pada saat jatuh tempo dana saya akan saran Anda untuk, menghubungi dia melalui: (smithloanfirm2016@gmail.com) Dan Anda akan bebas dari penipuan di internet. Semua berkat Mr.Smith Alexanda Anda adalah orang yang menghapus saya dan keluarga saya keluar dari kemiskinan. Alasan mengapa saya melakukan ini adalah bahwa, saya berjanji Mr.Smith Alexanda bahwa jika saya benar-benar mendapat pinjaman saya, saya akan advertize perusahaannya dan membawa pelanggan untuk perusahaannya. Menghubunginya via (smithloanfirm2016@gmail.com) untuk Kredit Anda telah mencari.

    Terima kasih
    Shonda Tasono

    BalasHapus
  2. Kami siap membantu orang yang membutuhkan pinjaman pada tingkat bunga rendah.

    Aku Karen Mark, pemberi pinjaman uang pribadi, yang Anda dalam utang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? Saya telah didaftarkan dan disetujui perusahaan pinjaman oleh kerajaan Inggris untuk mengontrol lembaga keuangan. Aku memberikan pinjaman untuk lokal dan internasional untuk semua orang yang membutuhkan pinjaman, dan dapat membayar kembali pinjaman, pada tingkat 2%. Aku memberikan pinjaman melalui transfer rekening atau cek bank. Tidak memerlukan banyak dokumen. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: karenmarkfinancialloancompany@gmail.com
    Kami akan memberikan kami yang terbaik.

    BalasHapus
  3. Saya adalah Widya Okta dari SURABAYA, saya ingin memberi kesaksian tentang karya bagus Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan sebagian lain dari kata tersebut, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara.
    Apakah mereka mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman yang curang di sini di internet, tapi mereka tetap asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya yang saya jelaskan situasi saya, kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang andal yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM dengan tarif rendah 2% dalam 24 jam yang saya gunakan tanpa tekanan atau tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam melakukan proses pinjaman, Anda juga bisa menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah terpenuhi dalam pembayaran cicilan bulanan sesuai kesepakatan dengan perusahaan pinjaman.

    Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    BalasHapus
  4. Halo,

    Saya adalah Nyonya Patricia James, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang meminjamkan pinjaman seumur hidup. Apakah Anda memerlukan pinjaman segera untuk melunasi hutang Anda atau Anda memerlukan pinjaman untuk memperbaiki bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda memerlukan pinjaman konsolidasi atau hipotek? Jangan melihat lagi karena kita di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda terjadi di masa lalu. Pinjaman kami kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi pada bisnis dengan tarif 4%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang andal dan berguna dan bersedia menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini via email di:

    (patriciajames205@gmail.com/ elizabethandy95@gmail.com)

    DATA PEMOHON

    1) Nama Lengkap:
    2) Negara:
    3) Alamat:
    4) Status:
    5) Jenis Kelamin:
    6) Status Perkawinan:
    7) Pekerjaan:
    8) Nomor Telepon:
    9) Posisi saat ini di tempat kerja:
    10) Penghasilan Bulanan:
    11) Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan:
    12) Durasi Pinjaman:
    13) Tujuan Pinjaman:
    14) Agama:
    15) Sudahkah Anda mendaftar sebelumnya:
    16) Tanggal lahir:
    Terima kasih

    BalasHapus
  5. BERITA BAGUS UNTUK ANDA
    Apakah Anda telah ditolak akses ke pinjaman keuangan untuk membeli rumah, mobil, untuk membiayai diri sendiri atau mendirikan bisnis.
    Jangan khawatir lagi ... Cepat dan ajukan pinjaman lunak cepat Anda di PERUSAHAAN PINJAMAN GARY REYMOLDS.
    Kami memberikan semua jenis pinjaman kepada individu dan perusahaan dengan tingkat bunga rendah 2%.
    Hubungi kami melalui E-mail: garyreymolds36loanfirm@gmail.com

    BalasHapus
  6. My name is Reni Alida, I want to use this media to remind all loan seekers to be very carefull/vigilant, because there are frauds and fake loan company everywhere, they will send fake loan agreement documents to you and they will say there are no payments upfront, but they are fraudstarts, because they will then ask for payment of license fees and transfer fees, so be careful of those fraudulent Loan Companies.

    A few months ago I was financially tense and desperate, I was tricked by several online loan company. I almost lost hope until God used my friend who referred me to a very reliable lender called Ms. Elizebeth Isaac Loan Company, who lent me an unsecured loan of Rp.600,000,00 (600 thousand) in less than 24 hours and the interest rate was only 2% .

    I was very surprised when I checked my bank account balance and found that the amount I applied was sent directly to my bank account without delay.

    Because I promise that I will share the good news, so that people can get loans easily without stress. So, if you need any loan,do not hesitate please contact her via real email: Elizebethisaacloancompany@gmail.com and by God's grace she will never let you down in getting a loan if you obey her terms and condition.

    You can also contact me at my email: renialida@gmail.com. All I will do is try to fulfill my loan payments that I send directly to their accounts monthly.

    BalasHapus
  7. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    BalasHapus